RSS

MATERI KELAS 4D RABU 05 JANUARI 2022

 

Rabu , 5 Januari 2022


 Hari/Tanggal             : Rabu , 5 Januari  2022

Tema                           : 6 ( Cita- citaku )

Subtema                      : 1 (Aku dan Cita -citaku )

Pembelajaran              : 5 ( lima )

Alat Peraga                 : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar :  BI ;3.6 dan 4.6 SBDP; 3.2 dan  4.2  PPKN 3.3 dan 4.3


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!

Bahasa Indonesia

Menceritakan Kembali Isi Puisi 

Kamu telah belajar cara menjelaskan makna puisi pada setiap bait nya di pembelajaran sebelum nya .Sekarang , ayo belajar menceritakan kembali isi puisi secara keseluruhan .oleh sebab itu ,untuk  dapat menceritakan kembali  isi puisi secara keseluruhan kita perlu memahami makna puisi dengan benar.Agar kamu dapat menciratakan kembali isi puisi dengan benar ,lakukan hal berikut .

1.Cermati makna puisi pada setiap bait nya !

2. Tuliskan makna dari setiap bait puisi yang kamu baca!

3. Gabungkan seluruh makna yang kamu temukan dalam puisi tersebut ke dalam sebuah tulisanmu tersebut !

Contoh :

Bacalah kutipan puisi berikut !

Perkakas dan oli menjadi kawan nya sehari-hari

Pakean kotor pun ia tak peduli

Semua dilakukan sepenuh hati

Demi mendapat sedikit rezeki 

 Kutipan puisi tersebut menceritakan tentang montir .Dalam puisi tersebut juga diceritakan bahwa seorang montir bekerja dengan semangat agar mendapat rezeki untuk kehidupan sehari-hari.

SBDP ;

Menjelaskan Tempo dan Tinggi Rendah Nada

Selain belajar tentang ketukan ,jonas juga belajar tentang tempo dan tinggi rendah nada.Setiap lagu memiliki tempo yang berbeda beda .Ada yang bertempo cepat ,sedang,dan lambat. Tanda tempo dalam lagu biasanya ditulis dibagian atas sebelah kiri .

  • Istilah atau tanda tempo

          1.    Largo         = lambat sekali    
          2.    Lento          = lebih lambat    
          3.    Adagio        = lambat         
          4.    Andante      = sedang    
          5.    Presto         = cepat sekali 
          6.    Moderato   = sedang agak cepat
          7.    Allegro       = cepat
          8.    Vivace       = lebih cepat


Dalam menyanyikan  kita harus memperhatikan tinggi dan rendah nya nada.unruk membedakan tinggi rendah nada ucapkan nada nada lagu berikut !

Contoh lagu Tempo Cepat



Contoh lagu Tempo Lambat


PPKN ;

Seperti yang kita ketahui, keberagaman karakteristik individu bisa berbentuk apa saja, nah dibawah ini ada beberapa bentuk karakteristik individu yang bisa kamu temui di lingkungan sekitar kamu. Beserta dengan manfaatnya:

1. Jenis kelamin. 

Yang pertama ada perbedaan jenis kelamin. Dengan karakteristik individu ini kita bisa membedakan peranan dalam kehidupan. Misalnya sebagai laki-laki, ketika ada kegiatan gotong royong, akan bisa menjalankan berbagai kegiatan yang lebih membutuhkan fisik. Sedangkan perempuan akan bisa membantu pekerjaan yang lebih ringan

2. Ras / Suku.

Perbedaan suku/ras dapat memperkaya budaya suatu negara atau lingkungan, dan dengan mempelajari budaya-budaya yang berbeda ini wawasan kita tentang Nusantara bertambah , selain itu kita dapat belajar memahami dan mengetahui karakteristik ras dan suku.

3. Pengetahuan dan kecerdasan.

Tentu saja setiap orang memiliki kecerdasan yang harus  diasah, keberagaman ini akan membawa banyak hal positif. Yang lebih pintar akan bisa membantu teman-teman yang masih belum paham, sehingga nantinya akan terbentuk lingkungan yang baik.

4. Keyakinan atau agama.

Setiap orang memiliki kepercayaan dan agama nya masing-masing. Melalui keberagaman karakteristik individu ini kita bisa belajar untuk saling menghormati satu sama lain. Sekaligus hidup rukun bertetangga tanpa membeda-bedakan keyakinan atau agama yang dianut oleh tetangga kita.

5. Hobi

Keberagaman yang satu ini akan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga rasa ingin belajar bersama untuk bisa melaksanakan hobi masing-masing.

6. Umur

Keberagaman usia bisa menumbuhkan rasa saling menyayangi dan menghormati. Yang lebih tua akan menyayangi serta bisa membimbing yang lebih muda, dan yang yang muda akan berusaha menghormati yang lebih tua.

7. Kepribadian

Hal ini bisa menciptakan hidup rukun satu sama lain / kita bisa mengetahui sifat sifat atau karakter dari orang. Kita juga bisa mengatur sikap apabila berjumpa dengan orang tertentu.

Tugas !

Kerjakan dibuku Tematik dan semangat dalam mengerjakan jangan lupa membaca materi yang ibu berikan pasti mampu menjawab soal yang bu merin berikan !💪

1.Ciri fisik yang paling mudah untuk membedakan antara suku yang ada di sekitar kita yaitu ….
a. sifat
b. agama
c. baju adat
d. pekerjaan

2.Profesi yang diharapkan seseorang di masa mendatang disebut …..
a. impian
b. cita-cita
c. khayalan
d. imajinasi

Perhatikan puisi di bawah ini !

              CITA.CITAKU
Karya: Ira Akhadi

Jika sudah tercapai umurku
Aku ingin menjadi seperti dirimu
Yang senantiasa mengabdikan tenagamu
Untuk para pasienmu

Tidak takut tertular penyakit
Tidak takut dengan jarum suntik
Berani mengambil risiko
Karena keberanian adalah modal utamamu

3.Jumlah bait pada puisi yang berjudul Cita Citaku di atas terdiri dari …. bait
a. 2
b. 3
c. 4
d. 8

4.Langkah pertama dalam menyusun sebuah karya puisi adalah ….
a. menentukan jumlah bait
b. menentukan diksi
c. menentukan tema
d. menentukan judul

5.Kelompok hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ….
a. Nyamuk dan katak
b. Lipas dan jangkrik
c. Capung dan lalat
d. Belalang dan kupu kupu

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog  Ibu merin

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 D

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru merin

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru merin)


19 komentar:

Revin Ari Afino (5B) mengatakan...

Revin Ari Afino (4d)
Hadirrr Bu Merin

Meliana Komira mengatakan...

M. Gibran Wira Al Ra'id
4D
Hadir Bu Merin

Meilia mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb
Zahra Kalonica Aretha Antonny
Kelas 4D Hadir bu terimakasih

Lulu Humairah mengatakan...

Lulu Humairah
Kelas 4 D
Hadir Bu guru

Diani tri mengatakan...

Salsabila Farahani Herman
Kelas 4D
Hadir bu

Titik sutariah mengatakan...

Bari khairul azam
Kelas 4d Absen 06
Hadir bu merin🙏

Ika mengatakan...

Rachel moza anindya
Kelas 4D
Hadir bu

Unknown mengatakan...

Naira Afiifah Putri
Kelas : 4D no absen 20
Hadir Bu

Narnie mengatakan...

Assalamualaikum Nabil arrafif hadir bu

Alvin hafidz mengatakan...

Alvin hafidz Putra Pratama
Kelas:4D
Nomor Absen:2
Hadir Bu Guru 🙏🙏🙏

sabrina mengatakan...

Fachry Aditya Putra
Kelas 4D
Hadiri

Nely mengatakan...

Alifa Ayu Rahmadhiya
Kelad:4D
Hadir bu🙏

Asri Trisnawati mengatakan...

Hafla Az-Zahra A. Kelas 4D. Hadir Bu. Terimakasih 🙏

Rifat Fadhil Al-Azzam mengatakan...

Rifat Fadhil Al-Azzam
Kelas 4D
No.absen 24
Hadir bu ☝🙏

zahra nasha aprilia mengatakan...

zahra nasha aprilia
hadir bu

ety mengatakan...

Assalamualaikum Ibu
Asfa Arziki Wiangga
No.absen 4
Hadir Ibu

Sari mengatakan...

Assalamualaikum
Fatimah Zahira Alviansa
No absen 11 hadir bu

Uli mengatakan...

Naira Azalea Putri
Kelas :4D
No. Absen :21
Hadir

Ana mengatakan...

Ukasyah Assyathir kls 4D
Hadir

Posting Komentar