أهلاً وسهلاً
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran 2 materi nama-nama hewan
HAVE A NICE DAY 😘
Materi ajar kelas III Nama-nama hewan أَسْمَاءُ الْحَيَوَانَاتِ
أَسَدٌ | جَمَلٌ | أَرْنَبٌ |
غَنَمٌ | فِيْلٌ | طَيْرٌ |
Kegiatan Bersama teman مَعَ الصَّدِيْقِ
هَيَّابِنَانُغّنِّيْ
Ayo kita menyanyi !
Mari melantunkan lagu Balonku ada lima
Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau, DOR. . . .
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat
Sekarang gantilah syair lagu di atas
Dengan syair Bahasa arab di bawah ini.
artinya burung he…hee… طَيْرٌ artinya kelinci أَرْنَبٌ artinya ikan سَمَكٌ artinya jerapah زَرَافَةٌ | artinya singa أَسَدٌ artinya gajah فِيْلٌ artinya kambing غَنَمٌ artinya unta جَمَلٌ |
No. | Bahasa Arab | Latin | Arti |
1 | أَسَدٌ | Asadun | Singa |
2 | نَمِرٌ | Namirun | Harimau |
3 | فِيلٌ | Fīlun | Gajah |
4 | قِطٌّ | Qiṭṭun | Kucing |
5 | كَلْبٌ | Kalbun | Anjing |
6 | دِيكٌ | Dīkun | Ayam jantan |
7 | دَجَاجَةٌ | Dajājah | Ayam betina |
8 | بَقَرَةٌ | Baqarah | Sapi |
9 | غَنَمٌ | Ghanamun | Kambing |
10 | جَمَلٌ | Jamalun | Unta |
11 | حِصَانٌ | Ḥiṣānun | Kuda |
12 | حِمَارٌ | Ḥimārun | Keledai |
13 | ذِئْبٌ | Dzi’bun | Serigala |
14 | ثَعْلَبٌ | Tsa‘labun | Rubah |
15 | أَرْنَبٌ | Arnabun | Kelinci |
16 | طَائِرٌ | Ṭā’irun | Burung |
17 | بَبْغَاءُ | Babghā’u | Burung beo |
18 | نَحْلَةٌ | Naḥlah | Lebah |
19 | ذُبَابَةٌ | Dzu bābah | Lalat |
20 | سَمَكٌ | Samakun | Ikan |
اَلْقَامُوْسُ( Kamus )
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan kedua
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan kosakata nama-nama hewan dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran1. Pendekatan Saintifik
2. Bernyanyi
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 3
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2. Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1. Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2. Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3. Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan kosakata nama-nama pelajaran
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
0 komentar:
Posting Komentar