Apersepsi
أهلاً وسهلاً
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
materi minggu kemarin yaitu nama-nama anggota tubuh dalam bahasa arab, kita sudah melafalkan kosakata tersebut menggunakan lagu Menanam jagung
HAVE A NICE DAY 😘
MATERI AJAR II KELAS V
اَلْمِهْنَةُ PROFESI
PROFESI MODERN | PROFESI LAINNYA | PROFESI UMUM | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
TEKS PROFESI
TERJEMAHAN
Ayahku adalah seorang dokter. | النَّصُّ: مِهْنَةُ أَبِي(Teks: Profesi Ayahku) أَبِي طَبِيبٌ. |
TATA BAHASA اَلْقَوَاعِدُ
Isim (اِسْمٌ)
Pengertian:
Isim adalah kata benda atau kata yang menunjukkan nama sesuatu, seperti nama orang, hewan, benda, tempat, waktu, dan sifat. Contoh:
Arab | Latin | Arti |
وَلَدٌ | waladun | anak laki-laki |
كِتَابٌ | kitābun | buku |
مَدْرَسَةٌ | madrasatun | sekolah |
Isim Isyarah (اِسْمُ الإِشَارَةِ)
Pengertian:
Isim Isyarah adalah kata tunjuk, yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu atau seseorang berdasarkan jarak atau kedekatan. Contoh:
Arab | Latin | Arti |
هٰذَا | Hādzā | ini (untuk laki-laki, dekat) |
هٰذِهِ | hādzihi | ini (untuk perempuan, dekat) |
ذَٰلِكَ | dzālika | itu (untuk laki-laki, jauh) |
تِلْكَ | tilka | itu (untuk perempuan, jauh) |
هٰؤُلَاءِ | hā’ulā’i | ini (untuk banyak orang) |
أُولٰئِكَ | ulā’ika | itu (untuk banyak orang, jauh) |
Kata Sifat / Sifah (صِفَةٌ)
Pengertian:
Sifah adalah kata sifat, yaitu kata yang menerangkan atau menggambarkan keadaan dari suatu isim (kata benda) Contoh:
Isim (kata benda) | Sifat (kata sifat) | Arti |
وَلَدٌ ذَكِيٌّ | waladun dzakiyyun | anak laki-laki yang cerdas |
بَيْتٌ كَبِيرٌ | baitun kabīrun | rumah yang besar |
قَلَمٌ جَمِيلٌ | qalamun jamīlun | pena yang indah |
Dalam bahasa Arab, kata sifat mengikuti isim dalam jenis (muannats/mudzakkar), jumlah (mufrod/jamak), dan i‘rab (harakat akhirnya).
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Kedua
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan kosakata nama-nama anggota tubuh dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran1. Model Discovery lerning
2. Metode Demonstrasi
3. Pendekatan Saintifik
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 5
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2. Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1. Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2. Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3. Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan kosakata nama-nama anggota tubuh
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
0 komentar:
Posting Komentar