Apersepsi
أهلاً وسهلاً
sholih sholiha bu guru kelas 4. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
sekarang sudah waktunya kita belajar kembali, nah Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
materi yang akan kita pelajari adalah nama-nama pelajaran dalam bahasa arab
HAVE A NICE DAY 😘
Materi ajar alamat اَلْعُنْوَانُkelas IV
Kosakata
(المُفْرَدَات)
Bahasa Arab |
Latin |
Arti (Indonesia) |
العُنْوَانُ |
al-‘unwān |
Alamat |
بَيْتٌ |
baytun |
Rumah |
شَارِعٌ |
syāri‘un |
Jalan |
رَقْمٌ |
raqmun |
Nomor |
مَدِينَةٌ |
madīnatun |
Kota |
قَرْيَةٌ |
qaryatun |
Desa |
حَيٌّ |
ḥayyun |
Lingkungan / RT / RW |
جَامِعَةٌ |
jāmi‘ah |
Universitas |
مَدْرَسَةٌ |
madrasah |
Sekolah |
قَرِيبٌ مِنْ |
qarībun min |
Dekat dengan |
بَعِيدٌ مِنْ |
ba‘īdun min |
Jauh dari |
ضَمَائِرُKata Ganti
No. |
Kata Ganti |
Arab |
Latin |
Arti |
A. |
Orang Pertama (1) |
|||
1 |
Aku |
أَنَا |
anā |
saya/aku |
2 |
Kami/kita |
نَحْنُ |
naḥnu |
kami/kita |
B. |
Orang Kedua (2) |
|||
3 |
Kamu (lk) |
أَنْتَ |
anta |
kamu (laki-laki) |
4 |
Kamu (pr) |
أَنْتِ |
anti |
kamu (perempuan) |
5 |
Kalian |
أَنْتُمْ |
antum |
kalian |
C. |
Orang Ketiga (3) |
|||
6 |
Dia (lk) |
هُوَ |
huwa |
dia (laki-laki) |
7 |
Dia (pr) |
هِيَ |
hiya |
dia (perempuan) |
8 |
Mereka |
هُمْ |
hum |
mereka (jamak) |
ANGKA-ANGKA أرْقَامٌ
No. |
Arab
(عَرَبِيٌّ) |
Latin |
Arti
(Indonesia) |
1 |
وَاحِدٌ |
wāḥidun |
Satu |
2 |
اِثْنَانِ |
Ithnāni |
Dua |
3 |
ثَلَاثَةٌ |
ṡalāṡatun |
Tiga |
4 |
أَرْبَعَةٌ |
arba‘atun |
Empat |
5 |
خَمْسَةٌ |
Khamsatun |
Lima |
6 |
سِتَّةٌ |
Sittatun |
Enam |
7 |
سَبْعَةٌ |
sab‘atun |
Tujuh |
8 |
ثَمَانِيَةٌ |
ṡamāniyah |
Delapan |
9 |
تِسْعَةٌ |
tis‘atun |
Sembilan |
10 |
عَشَرَةٌ |
‘asharatun |
Sepuluh |
11 |
أَحَدَ عَشَرَ |
aḥada ‘ashara |
Sebelas |
12 |
اِثْنَا عَشَرَ |
ithnā ‘ashara |
Dua belas |
13 |
ثَلَاثَةَ عَشَرَ |
ṡalāṡata ‘ashara |
Tiga belas |
14 |
أَرْبَعَةَ عَشَرَ |
arba‘ata ‘ashara |
Empat belas |
15 |
خَمْسَةَ عَشَرَ |
khamsata ‘ashara |
Lima belas |
16 |
سِتَّةَ عَشَرَ |
sittata ‘ashara |
Enam belas |
17 |
سَبْعَةَ عَشَرَ |
sab‘ata ‘ashara |
Tujuh belas |
18 |
ثَمَانِيَةَ عَشَرَ |
ṡamāniyata ‘ashara |
Delapan belas |
19 |
تِسْعَةَ عَشَرَ |
tis‘ata ‘ashara |
Sembilan belas |
20 |
عِشْرُونَ |
‘isyrūna |
Dua puluh |
21 |
وَاحِدٌ وَعِشْرُونَ |
wāḥidun wa ‘isyrūna |
Dua puluh satu |
22 |
اِثْنَانِ وَعِشْرُونَ |
ithnān wa ‘isyrūna |
Dua puluh dua |
23 |
ثَلَاثَةٌ وَعِشْرُونَ |
ṡalāṡatun wa ‘isyrūna |
Dua puluh tiga |
24 |
أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ |
arba‘atun wa ‘isyrūna |
Dua puluh empat |
25 |
خَمْسَةٌ وَعِشْرُونَ |
khamsatun wa ‘isyrūna |
Dua puluh lima |
26 |
سِتَّةٌ وَعِشْرُونَ |
sittatun wa ‘isyrūna |
Dua puluh enam |
27 |
سَبْعَةٌ وَعِشْرُونَ |
sab‘atun wa ‘isyrūna |
Dua puluh tujuh |
28 |
ثَمَانِيَةٌ وَعِشْرُونَ |
ṡamāniyah wa ‘isyrūna |
Dua puluh delapan |
29 |
تِسْعَةٌ وَعِشْرُونَ |
tis‘atun wa ‘isyrūna |
Dua puluh sembilan |
30 |
ثَلَاثُونَ |
ṡalāṡūna |
Tiga puluh |
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Petama
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan kosakata alamat dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran1. Model Discovery lerning
2. Metode Demonstrasi
3. Pendekatan Saintifik
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 4
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2. Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1. Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2. Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3. Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan kosakata nama-nama pelajaran
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
0 komentar:
Posting Komentar