RSS

BAHASA ARAB KELAS 4A DAN 4B HARI RABU TANGGAL 23 JULI 2025

                                              

 Apersepsi


أهلاً وسهلاً 
Selamat datang soleh solehah dikelas baru, dengan teman yang baru semoga kalian saling mengenal 
sholih sholiha bu guru kelas 4. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊

sekarang sudah waktunya kita belajar kembali, nah Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

materi yang akan kita pelajari adalah nama-nama pelajaran dalam bahasa arab

Semangat selalu ya Anak anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 😍
HAVE A NICE DAY 😘

materi yang akan kita pelajari adalah tentang

Materi ajar alamat   اَلْعُنْوَانُkelas IV

Kosakata (المُفْرَدَات)

Bahasa Arab

Latin

Arti (Indonesia)

العُنْوَانُ

al-‘unwān

Alamat

بَيْتٌ

baytun

Rumah

شَارِعٌ

syāri‘un

Jalan

رَقْمٌ

raqmun

Nomor

مَدِينَةٌ

madīnatun

Kota

قَرْيَةٌ

qaryatun

Desa

حَيٌّ

ḥayyun

Lingkungan / RT / RW

جَامِعَةٌ

jāmi‘ah

Universitas

مَدْرَسَةٌ

madrasah

Sekolah

قَرِيبٌ مِنْ

qarībun min

Dekat dengan

بَعِيدٌ مِنْ

ba‘īdun min

Jauh dari

 ضَمَائِرُKata Ganti

No.

Kata Ganti

Arab

Latin

Arti

A.

Orang Pertama (1)

1

Aku

أَنَا

anā

saya/aku

2

Kami/kita

نَحْنُ

naḥnu

kami/kita

B.

Orang Kedua (2)

3

Kamu (lk)

أَنْتَ

anta

kamu (laki-laki)

4

Kamu (pr)

أَنْتِ

anti

kamu (perempuan)

5

Kalian

أَنْتُمْ

antum

kalian

C.

Orang Ketiga (3)

6

Dia (lk)

هُوَ

huwa

dia (laki-laki)

7

Dia (pr)

هِيَ

hiya

dia (perempuan)

8

Mereka

هُمْ

hum

mereka (jamak)

ANGKA-ANGKA أرْقَامٌ

No.

Arab (عَرَبِيٌّ)

Latin

Arti (Indonesia)

1

وَاحِدٌ

wāḥidun

Satu

2

اِثْنَانِ

Ithnāni

Dua

3

ثَلَاثَةٌ

ṡalāṡatun

Tiga

4

أَرْبَعَةٌ

arba‘atun

Empat

5

خَمْسَةٌ

Khamsatun

Lima

6

سِتَّةٌ

Sittatun

Enam

7

سَبْعَةٌ

sab‘atun

Tujuh

8

ثَمَانِيَةٌ

ṡamāniyah

Delapan

9

تِسْعَةٌ

tis‘atun

Sembilan

10

عَشَرَةٌ

‘asharatun

Sepuluh

11

أَحَدَ عَشَرَ

aḥada ‘ashara

Sebelas

12

اِثْنَا عَشَرَ

ithnā ‘ashara

Dua belas

13

ثَلَاثَةَ عَشَرَ

ṡalāṡata ‘ashara

Tiga belas

14

أَرْبَعَةَ عَشَرَ

arba‘ata ‘ashara

Empat belas

15

خَمْسَةَ عَشَرَ

khamsata ‘ashara

Lima belas

16

سِتَّةَ عَشَرَ

sittata ‘ashara

Enam belas

17

سَبْعَةَ عَشَرَ

sab‘ata ‘ashara

Tujuh belas

18

ثَمَانِيَةَ عَشَرَ

ṡamāniyata ‘ashara

Delapan belas

19

تِسْعَةَ عَشَرَ

tis‘ata ‘ashara

Sembilan belas

20

عِشْرُونَ

‘isyrūna

Dua puluh

21

وَاحِدٌ وَعِشْرُونَ

wāḥidun wa ‘isyrūna

Dua puluh satu

22

اِثْنَانِ وَعِشْرُونَ

ithnān wa ‘isyrūna

Dua puluh dua

23

ثَلَاثَةٌ وَعِشْرُونَ

ṡalāṡatun wa ‘isyrūna

Dua puluh tiga

24

أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ

arba‘atun wa ‘isyrūna

Dua puluh empat

25

خَمْسَةٌ وَعِشْرُونَ

khamsatun wa ‘isyrūna

Dua puluh lima

26

سِتَّةٌ وَعِشْرُونَ

sittatun wa ‘isyrūna

Dua puluh enam

27

سَبْعَةٌ وَعِشْرُونَ

sab‘atun wa ‘isyrūna

Dua puluh tujuh

28

ثَمَانِيَةٌ وَعِشْرُونَ

ṡamāniyah wa ‘isyrūna

Dua puluh delapan

29

تِسْعَةٌ وَعِشْرُونَ

tis‘atun wa ‘isyrūna

Dua puluh sembilan

30

ثَلَاثُونَ

ṡalāṡūna

Tiga puluh

Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Petama

1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan kosakata alamat dengan baik dan benar

Model/metode Pembelajaran

1.      Model Discovery lerning

2.      Metode Demonstrasi

3.      Pendekatan Saintifik

Media / Alat peraga

1.  Video/PPT

2. Gambar

3. Lagu

Sumber Belajar

Buku Bahasa Arab kelas 4

AKTIVITAS

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )

2.      Pemantauan kegiatan latihan 

Kegiatan Inti

1.      Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.

2.      Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.

K      Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan kosakata nama-nama pelajaran

rR   Refleksi 

        Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini    

       Penutup

  Guru menyampaikan materi selanjutnya



REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN


Sebelum kita mengakhiri pembelajaran marilah kita bersama sama mengucap lafadz Hamdalah
Ibu Akhiri. .

0 komentar:

Posting Komentar