Selamat datang soleh solehah dikelas baru, dengan teman yang baru semoga kalian saling mengenal sholih sholiha bu guru kelas 6.
Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
sekarang sudah waktunya kita belajar kembali, nah Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
materi yang akan kita pelajari adalah nama-nama anggota tubuh dalam bahasa arab
Semangat selalu ya Anak anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 😍 HAVE A NICE DAY 😘
materi yang akan kita pelajari adalah tentang
MATERI AJAR I KELAS VI
أَلسَّاعَةُ
JAM / WAKTU
UNGKAPAN TENTANG WAKTU
Arab
Latin
Arti
نِصْفُ السَّاعَةِ
niṣfu as-sā‘ah
setengah jam
رُبْعُ السَّاعَةِ
rub‘u as-sā‘ah
seperempat jam
بَعْدَ قَلِيلٍ
ba‘da qalīlin
sebentar lagi
بَاكِرًا
bākiran
pagi-pagi
مُتَأَخِّرًا
muta’akhkhiran
terlambat
فِي الْوَقْتِ
fī al-waqti
tepat waktu
JAM DAN WAKTU ( PENUNJUK WAKTU )
Arab
Latin
Arti
السَّاعَةُ الْوَاحِدَةُ
as-sā‘atu al-wāḥidah
jam satu
السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ
as-sā‘atu ats-tsāniyah
jam dua
السَّاعَةُ الثَّالِثَةُ
as-sā‘atu ats-tsālitsah
jam tiga
السَّاعَةُ الرَّابِعَةُ
as-sā‘atu ar-rābi‘ah
jam empat
السَّاعَةُ الْخَامِسَةُ
as-sā‘atu al-khāmisah
jam lima
السَّادِسَةُ
as-sādisah
jam enam
السَّابِعَةُ
as-sābi‘ah
jam tujuh
الثَّامِنَةُ
aṡ-ṡāminah
jam delapan
التَّاسِعَةُ
at-tāsi‘ah
jam sembilan
الْعَاشِرَةُ
al-‘āsyirah
jam sepuluh
الْحَادِيَةَ عَشْرَةَ
al-ḥādiyata ‘asyrah
jam sebelas
الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ
ats-tsāniyata ‘asyrah
jam dua belas
KOSAKATA DASAR TENTANG WAKTU
Arab
Latin
Arti
السَّاعَةُ
as-sā‘ah
jam
دَقِيقَةٌ
daqīqah
menit
ثَانِيَةٌ
ṡāniyah
detik
وَقْتٌ
waqtun
waktu
الصَّبَاحُ
aṣ-ṣabāḥu
pagi
الظُّهْرُ
aẓ-ẓuḥru
siang
الْعَصْرُ
al-‘aṣru
sore
الْمَسَاءُ
al-masā’u
malam
اللَّيْلُ
al-laylu
malam hari
الْيَوْمُ
al-yaumu
hari ini
غَدًا
ghadan
besok
أَمْسِ
amsi
kemarin
Berikut Link Video Materi Jam/Waktu
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Petama
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan angka jam/waktu dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran
1.Model Discovery lerning
2.Metode Demonstrasi
3.Pendekatan Saintifik
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 6
AKTIVITAS
Kegiatan Awal
1.Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2.Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1.Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2.Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3.Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan angka jam/waktu secara berurutan
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Sebelum kita mengakhiri pembelajaran marilah kita bersama sama mengucap lafadz Hamdalah
0 komentar:
Posting Komentar