
Apersepsi
أهلاً وسهلاً
Selamat datang soleh solehah dikelas baru, dengan teman yang baru semoga kalian saling mengenal
sholih sholiha bu guru kelas 6.
Bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
sekarang sudah waktunya kita belajar kembali, nah Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
materi yang akan kita pelajari adalah nama-nama anggota tubuh dalam bahasa arab
Semangat selalu ya Anak anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 😍
HAVE A NICE DAY 😘
materi yang akan kita pelajari adalah tentang
MATERI AJAR I KELAS VI
أَلسَّاعَةُ
JAM
/ WAKTU
.jfif)
UNGKAPAN TENTANG WAKTU
Arab
|
Latin
|
Arti
|
نِصْفُ
السَّاعَةِ
|
niṣfu as-sā‘ah
|
setengah jam
|
رُبْعُ
السَّاعَةِ
|
rub‘u as-sā‘ah
|
seperempat jam
|
بَعْدَ
قَلِيلٍ
|
ba‘da qalīlin
|
sebentar lagi
|
بَاكِرًا
|
bākiran
|
pagi-pagi
|
مُتَأَخِّرًا
|
muta’akhkhiran
|
terlambat
|
فِي
الْوَقْتِ
|
fī al-waqti
|
tepat waktu
|
|
JAM DAN WAKTU ( PENUNJUK WAKTU )
Arab
|
Latin
|
Arti
|
السَّاعَةُ
الْوَاحِدَةُ
|
as-sā‘atu al-wāḥidah
|
jam satu
|
السَّاعَةُ
الثَّانِيَةُ
|
as-sā‘atu ats-tsāniyah
|
jam dua
|
السَّاعَةُ
الثَّالِثَةُ
|
as-sā‘atu ats-tsālitsah
|
jam tiga
|
السَّاعَةُ
الرَّابِعَةُ
|
as-sā‘atu ar-rābi‘ah
|
jam empat
|
السَّاعَةُ
الْخَامِسَةُ
|
as-sā‘atu al-khāmisah
|
jam lima
|
السَّادِسَةُ
|
as-sādisah
|
jam enam
|
السَّابِعَةُ
|
as-sābi‘ah
|
jam tujuh
|
الثَّامِنَةُ
|
aṡ-ṡāminah
|
jam delapan
|
التَّاسِعَةُ
|
at-tāsi‘ah
|
jam sembilan
|
الْعَاشِرَةُ
|
al-‘āsyirah
|
jam sepuluh
|
الْحَادِيَةَ
عَشْرَةَ
|
al-ḥādiyata ‘asyrah
|
jam sebelas
|
الثَّانِيَةَ
عَشْرَةَ
|
ats-tsāniyata ‘asyrah
|
jam dua belas
|
|
KOSAKATA DASAR TENTANG
WAKTU
Arab
|
Latin
|
Arti
|
السَّاعَةُ
|
as-sā‘ah
|
jam
|
دَقِيقَةٌ
|
daqīqah
|
menit
|
ثَانِيَةٌ
|
ṡāniyah
|
detik
|
وَقْتٌ
|
waqtun
|
waktu
|
الصَّبَاحُ
|
aṣ-ṣabāḥu
|
pagi
|
الظُّهْرُ
|
aẓ-ẓuḥru
|
siang
|
الْعَصْرُ
|
al-‘aṣru
|
sore
|
الْمَسَاءُ
|
al-masā’u
|
malam
|
اللَّيْلُ
|
al-laylu
|
malam hari
|
الْيَوْمُ
|
al-yaumu
|
hari ini
|
غَدًا
|
ghadan
|
besok
|
أَمْسِ
|
amsi
|
kemarin
|
|
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Petama
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan angka jam/waktu dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran
1. Model Discovery lerning
2. Metode Demonstrasi
3. Pendekatan Saintifik
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 6
AKTIVITAS
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2. Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1. Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2. Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3. Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan angka jam/waktu secara berurutan
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan sudah mampu melafalkan kosakata yang berkaitan dengan jam/waktu
namun masih ada beberapa peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan kosakata tersebut
Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi tersebut
Sebelum kita mengakhiri pembelajaran marilah kita bersama sama mengucap lafadz Hamdalah
0 komentar:
Posting Komentar