Selamat datang soleh solehah dikelas baru, dengan teman yang baru semoga kalian saling mengenal sholih sholiha bu guru kelas 5.
Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya😊
sekarang sudah waktunya kita belajar kembali, nah Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
materi yang akan kita pelajari adalah nama-nama anggota tubuh dalam bahasa arab
Semangat selalu ya Anak anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 😍 HAVE A NICE DAY 😘
materi yang akan kita pelajari adalah tentang
MATERI AJAR I KELAS V
أَعْضَاءُ الْجِسْمِ
ANGGOTA TUBUH
KOSAKATA ANGGOTA TUBUH
BAGIAN TANGAN DAN LENGAN
Arab
Latin
Arti
يَدٌ
yadun
Tangan
ذِرَاعٌ
dzirā‘un
Lengan
مِرْفَقٌ
mirfaqon
Siku
كَفٌّ
kaffun
telapak tangan
أَصَابِعُ
aṣābi‘u
jari-jari
إِبْهَامٌ
ibhāmun
ibu jari
ظُفْرٌ
zhufrun
Kuku
BAGIAN KEPALA DAN WAJAH
Arab
Latin
Arti
رَأْسٌ
ra'sun
kepala
وَجْهٌ
wajhun
wajah
شَعْرٌ
sya‘run
rambut
جَبْهَةٌ
jabhatun
dahi
عَيْنٌ
‘aynun
mata
أُذُنٌ
udzunun
telinga
أَنْفٌ
anfun
hidung
فَمٌ
famun
mulut
شَفَةٌ
syafatun
bibir
لِسَانٌ
lisānun
lidah
أَسْنَانٌ
asnānun
gigi
خَدٌّ
khaddun
pipi
ذَقْنٌ
dzaknun
dagu
BAGIAN BADAN DAN KAKI
Arab
Latin
Arti
جِسْمٌ / بَدَنٌ
jismun
/ badanun
tubuh
رَقَبَةٌ
raqabatun
leher
صَدْرٌ
shadrun
dada
بَطْنٌ
bathnun
perut
ظَهْرٌ
zhahrun
punggung
كَتِفٌ
katifun
bahu
سَاقٌ
sāqun
betis
/ tungkai
رُكْبَةٌ
rukbatun
lutut
قَدَمٌ
qadamun
kaki
كَعْبٌ
ka‘bun
tumit
أَصَابِعُ القَدَم
aṣābi‘u
al-qadam
jari-jari
kaki
Berikut LINK video anggota tubuh
Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Petama
1. Melalui kegiatan video pembelajaran dikelas, peserta didik dapat melafalkan kosakata nama-nama anggota tubuh dengan baik dan benar
Model/metode Pembelajaran
1.Model Discovery lerning
2.Metode Demonstrasi
3.Pendekatan Saintifik
Media / Alat peraga
1. Video/PPT
2. Gambar
3. Lagu
Sumber Belajar
Buku Bahasa Arab kelas 5
AKTIVITAS
Kegiatan Awal
1.Menyiapkan bahan untuk latihan ( Post Test dan LKPD )
2.Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1.Guru memantau proses kegiatan pembelajaran peserta didik.
2.Guru memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3.Selama kegiatan, Guru ikut serta mendampingi peserta didik.
K Kegiatan Maju kedepan untuk melafalkan kosakata nama-nama anggota tubuh
rR Refleksi
Guru meminta peserta didik untuk dapat menyampaikan kesimpulan pembelajaran hari ini
Penutup
Guru menyampaikan materi selanjutnya
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan sudah mampu melafalkan kosakata yang berkaitan dengan anggota tubuh dengan metode bernyanyi
namun masih ada beberapa peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan kosakata tersebut
Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi tersebut
DOKUMENTASI
Sebelum kita mengakhiri pembelajaran marilah kita bersama sama mengucap lafadz Hamdalah
0 komentar:
Posting Komentar